Tips Aman mencari Supplier H2H untuk mencegah penipuan Bisnis Pulsa

Kali ini kita coba share tentang cara jitu menghindari penipuan server pulsa sekaligus meminimalkan resiko kerugian jika kita jadi korban penipuan server pulsa.



KITA BAHAS MOTIFNYA DULU

Pertama kita bahas dulu motif dibalik penipu server pulsa dan setelah tau motifnya kitapun akan lebih terproteksi terhadap penipuan server pulsa.

1. SERVER MATI TOTAL.

klo server sudah mati total dan database agen (termasuk saldo) tidak terselamatkan, maka tamatlah riwayat server tersebut. Dan tentu ownernya akan jadi MOST WANTED PERSON karena dicari-cari ratusan agennya yang Galau dengan nasib saldo mereka. Dan tentu saja owner server tsb akan diteriaki sebagai "penipu".

TIPS: selalu gunakan Teknik Mirroring pada Harddisk ataupun Komputer. agar jika satu harddisk/komputer rusak, data-data agen (termasuk saldonya) masih terselamatkan di harddisk/komputer yang lainnya.

Tolong diingat, bahwa hardware bikinan manusia. dan pasti ada umurnya termasuk harddisk/komputer. suatu saat pasti wassalam. Tinggal menunggu waktu ajal saja.

Karena itu pastikan server Anda sudah dimirroring. Tidak perlu melibatkan teknisi software pulsanya, karena hampir semua teknisi komputer bisa melakukan teknik mirroring harddisk dan mirroring komputer.

2. CHIP TERBLOKIR/SUSPEND

Ada lagi yang karena M-Kiosnya diblokir oleh dealer, saldo agen malah jadi korban. Akhirnya owner dikejar-kejar oleh agen karena sudah gak bisa nembak produk chip tersebut. Dan karena janji owner untuk mengembalikan duit/saldo selalu molor-molor akhirnya agen yang gak sabaran akan curhat ke forum dan sosmed dengan menuduh owner server tersebut sebagai server penipu.

TIPS: Jika pengalaman belum matang, baiknya jangan coba-coba dulu jual stok unit, karena aturan cluster (persentase outer) dari dealer itu berubah-ubah. dan sosialisasi aturan baru tsb biasanya sudah terlambat. tiba-tiba kita disuspend, saldo chip sudah kadung ditahan baru diberitahu ada aturan baru.

3. SALAH MANAGEMENT KEUANGAN

ini yang paling sering. karena bisnis pulsa itu duitnya Guedhe tapi labanya sak upil upil. Labanya cuma 25perak, 50perak, ditambah duit stok biasanya tersebar ke banyak supplier, belum lagi harga dari supplier tiba-tiba berubah naik tanpa pemberitahuan. Jadi semakin bingung bagi owner untuk memisah mana yang harusnya saldo agen, dan mana yang laba bersih perusahaan.

Yang seharusnya uang saldo agen malah tercampur untuk beli mobil baru, beli rumah baru, dan keperluan pribadi lain. akhirnya baru ketahuan jika kuangan minus setelah beberapa bulan. alhasil owner pun menanggung utang untuk nomboki saldo agen tersebut. dan klo gak kuat modal bisa tutup servernya, dikejar-kejar agen yang bingung dengan nasib saldo mereka. serta diteriaki PENIPU ANJI** :D

TIPS: mengandalkan laporan laba rugi dari software pulsa rasanya kurang cukup. Usahakan untuk mempekerjakan karyawan yang khusus mengelola laporan keuangan Anda.

Inipun agak susah karena laporan keuangan server pulsa lebih rumit dibanding laporan keuangan usaha lain. Akan lebih baik jika orang yang menangani laporan keuangan tsb pernah bekerja di server pulsa. Agar sedikit banyak dia punya pegalaman membuat laporan keuangan bisnis pulsa.

Jika perlu sewalah jasa pembuat laporan keuangan bisnis pulsa. Biasanya sistem kerja lepas (bukan karyawan yang standby di kantor). kebetulan saya ada kontaknya jika perlu bisa menghubungi saya.

4. PENIPU SEJATI

Berbeda dengan ketiga pelaku sebelumnya, Pelaku ke empat ini sejak dari awal memang sudah niat mau nipu. Modusnya berbagai macam tapi yang paling sering adalah menawarkan harga murah dan begitu kita deposit satu atau dua kali masih bisa transaksi dengan lancar. begitu kita deposit ketiga kalinya dengan jumlah yang banyak baru si maling ini kabur bawa lari duit kita.

ORANG JUJUR DAN BAIK HATIPUN BISA JADI PELAKU PENIPUAN.
Nah diatas sudah disebutkan 4 motif yang paling sering melatarbelakangi tindakan "Penipu Server".

Motif 1,2, dan 3 terjadi di luar kesengajaan. Motif ini bisa menimpa siapa saja, Termasuk pemain server yang jujur sekalipun. Bahkan pemain server besarpun bisa jadi Pelaku Penipuan tanpa mereka sengaja. Bahkan pemain server yang Anda kenal dekat serta pernah bertemu muka pun bisa tertimpa Motif nomor 1, 2, dan 3 diatas.

Jadi kalau sudah seperti ini rasanya sulit untuk tidak menjadi korban penipuan server pulsa bukan?

Tapi jangan kuatir ada beberapa langkah yang bisa meminimalisir kemungkinan kita menjadi korban berikutnya.

2 CARA SEDERHANA AGAR TIDAK MENJADI KORBAN PENIPUAN SERVER PULSA

A. PILIH SERVER PULSA YANG SUDAH LAMA BERDIRI.

pilihlah server pulsa yang sudah lama mendirikan usaha pulsa. kenapa? karena server yang sudah lama berdiri biasanya management keuangannya sudah bagus (lihat point nomor 3)

Dan biasanya sudah banyak makan asam garam perihal chip dealer (lihat point 2). Tapi resiko server mati total (lihat point 1) masih tetap ada. kecuali kalau server mereka sudah mereka mirorring,

B. BATASI JUMLAH TRANSFER KE REKENING SUPPLIER.

jika ditawari harga murah oleh pemain server baru, atau yang kita belum kenal dekat usahakan beri batasan jumlah transfer.

Misal dalam sekali transfer deposit maksimal 1juta saja, atau 2juta sekali transfer. atau transfer berapapun jumlahnya selama Anda masih mampu menanggung resiko kehilangan uang tersebut. Dengan kata lain jika duit itu hilang server Anda tidak sampai gulung tikar.

kenapa? untuk jaga-jaga siapa tau server tersebut tertimpa masalah yang saya sebutkan  di point 1,2, dan 3 di atas. atau jangan-jangan server tersebut termasuk kategori point ke-4 (penipu sejati).

karena jika uang yang Anda transfer besar lalu tidak bisa dipakai untuk transaksi artinya mengalami kerugian yang besar juga.

Dan jika kita tidak kuat modal untuk menanggung kerugian tersebut sudah dipastikan Server Pulsa kita langsung gulung tikar hari itu juga.

Memang akan ribet jika harus transfer duit 5 atau sampai 10 kali dalam sehari. tapi langkah ini terbukti lebih aman.

Kalau sewaktu-waktu supplier kita tersebut bermasalah dan dana kita tidak bisa dipakai, toh kerugian yang ditimbulkan masih bisa kita tanggung bukan?



MENJADI KORBAN PENIPUAN MUNGKIN TIDAK BISA KITA HINDARI, TAPI PALING TIDAK BISA KITA MINIMALKAN DAMPAK KERUGIANNYA.

Sumber Informasi : http://ikhwanasli1984.blogspot.com/2014/11/tips-aman-mencari-supplier-h2h-untuk.html